Wednesday, March 16, 2016

kerajinan organik tempat tisu dari biji bijian



KERAJINAN ORGANIK
TEMPAT TISU DARI BIJI-BIJIAN.
NAMA ANGGOTA KELOMPOK :
Ø ALFAJARI JULIADI.
Ø ASYA RISKYA F.A.P
Ø FITRIANI
Ø JEANE STEZA RYNA SIANTURI.
Ø MIZDAYANTI.
Ø NOVI RAHMAWATI.
Ø YULI PRA ASTRI.


 
 






Alat dan bahan.
1.    Kardus bekas.     5. Lem putih.          9. Cutter.
2.    Kulit kacang       6. Pilox bening.       10.penggaris.
3.    Kacang hijau.     7. Lakban kertas.    11. Pensil.
4.    Ketumbar           8. Gunting.


Langkah-langkah :

1.    Untuk bagian badan tisu. Potong kardus bekas dengan ukuran 10x20cm sebanyak dua buah.
Potong kardus dengan ukuran 10x10cm sebanyak 2 buah. Dan untuk bagian alas potong kardus dengan ukuran 10x20cm satu bauah.

2.    Potong kardus untuk bagian tutupnya dengan ukuran 11x20cm. untuk bagian samping potong kardus ukuran 3x20cm dua buah, dan 3x11cm dua buah.

3.    Buat lubang di tengah (kardus yang berukuran 11x20cm), buat seperti lubang tisu.
Catatan: gunakan pensil dan penggaris untuk mengukur. Dan tandai bagian yang telah di ukur kemudian gunting mengikuti garis yang sesuai.
4.    Rekatkan bagian-bagian badan tisu yang terpisah dengan menggunakan lakban kertas. Taruh setengah bagian lakban di pinggir kardus, dan taruh bagian yang setengahnya lagi pinggir kardus yang akan di gabungkan. Lakukan dengan semua bagian badan kardus. Setelah kardus sudah membentuk seperti wadah tisu, maka  tutupi bagian pinggir atas kardus dengan lakban kertas untuk merapikan pinggirannya.

5.    Untuk bagian tutup lakukan hal yang sama seperti yang dilakukan pada badan tempat tisu.

Tempat tisu siap untuk di hias.
1.    Siapkan bahan-bahan untuk menghias (kulit kacang tanah, ketumbar, kacang hijau, dan lem putih).
2.    Untuk bagian badan lekatkan kulit kacang mendatar pada bagian bawah kotak, kemudian lekatkan pula kulit kacang di tengah menurun kebawah, kemudian lekatkan kulit kacang menyerong hingga sampai ujung sudut kotak sehingga akan membentuk segitiga.
3.    Lekatkan kacang hijau pada semua pinggiran, setelah itu lekatkan ketumbar pada bagian tengahnya. Lakukan untuk kedua sisi yang berukuran 10x20cm.
4.    Untuk bagian samping lekatkan kulit kacang secara menurun dari sudut ujung atas-ujung bawah. Kemudian lekatkan kacang hujau pada bagian pinggirannya, dan isi bagian tengah dengan ketumbar. Lakukan pada kedua sisi yang berukuran 10x10cm.
5.    Utuk bagian tutup.
Lekatkan kulit kacang tanah mengelilingi tutup, kemudian lekatkan kulit kacang tanah pada setiap ujung tutup samping sebanyak satu buah. Untuk bagian atas hias pinggiran lubang dengan ketumbar lakukan dengan mengelilingi lubang, lanjutkan dengan kacang hijau lakukan pula mengelilingi ketumbar, buat kacang hijau yang menggelembung di bagian ujung kanan atas, dan kiri bawah. Kemudian lanjutkan dengan ketumbar, terakhir gunakanlah kacang hijau sampai akhir yaitu bersinggungan dengan kulit kacang.
6.    Untuk hiasan bagian samping. Lekatkan kacang hijau, dibagian tengah lekatkan ketumbar, diatasnya letakkan kembali kacang hiaju. Lakukan untuk semua sisi bagian samping. Kemudian keringakn.
7.    Setelah kering untuk proses akhir lakukan penyemprotan dengan pilox bening. Ini dilakukan untuk menghambat penjamuran dan pembusukan pada bahan hiasan yang digunakan, selain itu hiasan akan tampak lebih menarik.


No comments:

Post a Comment