Wednesday, March 16, 2016

tujuan negara dalam uud 1945



TUJUAN NEGARA DALAM UUD 1945

1.      Melindungi Setiap Bangsa Dan Seluruh Tumpah Darah  Indonesia
Melindungi eksistensi bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia termasuk segenap komponen bangsa dan seluruh kekayaan alamnya serta kekayaan nilai-nilai bangsa Indonesia yang dicita-citakan oleh segenap pendiri negara
Bahwa Negara Kesatuan Republik Indonesia wajib melindungisegenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darahIndonesia, memajukan kesejahteraan umum, danmenegakkan hak asasi setiap warga negara melaluiupaya penciptaan suasana yang aman, tenteram, tertib,damai, dan sejahtera, baik lahir maupun batin sebagaiwujud hak setiap orang atas pelindungan agama, diripribadi, keluarga, kehormatan, martabat, dan hartabenda

 dengan melakukan kebijakan dan tindakan khusus salah satunya dengan menyelenggarakan sistem jaminan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia dan melakukan sistem perencanaan pembangunan.

2.      Memajukan Kesejahteraan Umum
Pengertian :
kesejahteraan material itu harus terselenggara dalam masyarakat yang saling menghormati dan menghargai hak dan kewajiban masing-masing, masyarakat yang bebas dari rasa takut, masyarakat yang hidup dalam kesederajadan dan kebersamaan masyarakat yang bergotong royong. Masyarakat adil, makmur dan beradap.
 esejahteraan umum dapat dicapai apabila 2 syarat komulatif dipenuhi, pertama terjaminnya pemenuhan kebutuhan primer sehingga semua warga negara secara minimal bisa hidup secara layak, kedua tersedianya kesempatan bagi semua warga negara untuk merai kehidupan yang lebih baik diatas kebutuhan primer. Syarat pertama dimaksudkan agar tidak ada warga negara yang hidupnya terlantar (kebutuhan primer  terpenuhi yaitu, bisa makan, bisa berpakaian, memiliki tempat tinggal permanen, dan memiliki pendidikan, kesehatan dan sarana komunikasi yang memadai ),dan syarat kedua, memberikan peluang kepada mereka yang mampu untuk meraikehidupan yang lebih baik lagi diatas kebutuhan primer.
Kebutuhan spiritual terpenuhi apabila seseorang sudah bisa menjalankan perintah agama dengan sempurna, juga seseoarang akan sejahtera bila mereka akan terbebas dari ancaman,terlebih dari itu yang juga sangat penting adalah terjaganya kemurnian akal seseorang agar tetap terjaga sifat kemanusiaannya.
      Tanpa kesejahteraan apalah arti sebuah negara, negara membutuhkan rakyat begitupun sebaliknya. Kekayaan alam dan isinya di kuasai oleh negara untuk rakyat dan sudah seharusnya negara mensejahterakan rakyat demi kelangsungan dan kemajuan bangsa.


3.      Mencerdaskan Kehidupan Bangsa
Pengertian :
Warga Negara adalah bagian terpenting dari sebuah Negara. Dalam hal ini perlu adanya pendidikan formal dan non-formal.dengan pendidikan formal kita bisa mendapatkan pendidikan yang baik yang patut kita dapat. Penyediaan tempat pendidikan yang layak bisa mendukung tercapainya pendidikan yang baik, dengan kita belajar yang sungguh-sungguh dan serius maka kita akan menjadi warga negara yang cerdas. 
Sebagai bangsa yang baik adalah bangsa yang mampu melahirkan benih-benih generasi muda yang mampu mencerdaskan kehidupan bangsa tersebut. Salah satu upaya untuk mewujutkannya dapat di tempuh melalui suatu progam yaitu pendidikan. Namun pendidikan yang di maksut adalah yang berkarakter yang dapat mengembangkan kreatifitas dan kemampuan anak untuk berfikir kritis sebagai apa yang di pelajari dapat terteram dalam diri siswa. Pembelajaran yang baik harus memuat tiga aspek,yaitu aspek kognitif,efektif dan psikomotorik.karena ketiga aspek tersebut dapat di jalankan dengan baik maka akan membentuk kemampuan berfikir kritis dan munculnya kretifitas. Agar semua itu bisa terwujud maka pemerintah perlu mengadakan dan menyediakan tempat pendidikan yang layak dan juga nyaman untuk proses pembelajaran. Selain itu pemerintah juga harus menyadiakan pendidikan gratis,dengan tujuan agar semua warga yang kurang mampu dapat terus sekolah dan menuntut ilmu tanpa memikirkan biaya pendidikan yang mahal.
Sebagai warga yang baik kita harus bisa menjadi manusia yang cerdas. Karena semakin banyak persaingan baik di dalam maupun di luar Negeri. Dengan munculnya teknologi yang sangat canggih dapat membantu kita untuk memanfaatkan teknologi tersebut agar kita semakin cerdas dan semakin kritis dalam mengunakan teknologi. Manusia yang cerdas,yaitu manusia yang sangat di butuhkan oleh bangsa,agar kita tidakmudah tertipu dan tidak mudah di bodohi oleh bangsa lain. 


4.      dan Ikut Melaksanakan Ketertinbandunia Berdasarkan Kemerdekaan Perdamaian Abadi dan Keadilan Sosial.
Pengertian :
bangsa Indonesia menentang segala bentuk penjajahan dan menganut politik bebas aktif. Untuk itu, pertahanan negara ke luar bersifat defensif aktif yang berarti tidak agresif dan tidak ekspansif sejauh kepentingan nasional tidak terancam.   Atas dasar sikap dan pandangan tersebut, bangsa Indonesia tidak terikat atau ikut serta dalam suatu pakta pertahanan dengan negara lainBentuk pertahanan negara bersifat semesta dalam arti melibatkan seluruh rakyat dan segenap sumber daya nasional, sarana dan prasarana nasional, serta seluruh wilayah negara sebagai satu kesatuan pertahananPertahanan negara disusun berdasarkan prinsip demokrasi, hak asasi manusia, kesejahteraan umum, lingkungan hidup, ketentuan hukum nasional, hukum internasional dan kebiasaan internasional, serta prinsip hidup berdampingan secara damai dengan memperhatikan kondisi geografis Indonesia sebagai negara kepulauan. Di samping prinsip tersebut, pertahanan negara juga memperhatikan prinsip kemerdekaan, kedaulatan, dan keadilan sosial.
Setiap warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam upaya bela negara yang diselenggarakan melalui pendidikan kewarganegaraan, pelatihan dasar kemiliteran secara wajib, pengabdian sebagai prajurit Tentara Nasional Indonesia, dan pengabdian sesuai dengan profesi.

Negara kita sudah merdeka,sekarang menjadi tugas bagi kita para remaja sebagai penerus bangsa yang bertugas melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan perdamaian abadi dan keadilan sosial. Kita harus saling membantu,saling gotong royong, serta saling menghargai. Serta membantu agar tidak mudah bertengkar dengan satu sama lain.

No comments:

Post a Comment